Laman

Rabu, 27 Januari 2010

Clues (Unofficial) Matibeku.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Huaaa.. *ngucek-ngucek mata, baru bangun* seperti janji gw kemaren, gw mau nulis clue-clue dari game riddle online matibeku.com. haha. Clue-clue ini gw tulis versi bahasa gw sendiri, meskipun udah banyak juga blog yang bahas tentang clue-clue matibeku.com. bagi yang belum tau matibeku.com, silahkan baca postingan gw yang sebelumnya. Yang udah siap menjelajah di dunia matibeku, lets cekidot!! Oh iya, sebelum itu, ada beberapa istilah yang cukup penting, bagi yang belum tahu:

OM : Google

TANTE : Wikipedia

DALEMAN : Page Source (sumber halaman) halaman web

BAHASA IBU : Bahasa Indonesia

BAHASA GAUL : Bahasa Inggris


STAGE 1

Level -0: pertanyaan segampang ini pake nanya?

Level -1: lihat ada yang aneh dari atas ke bawah? Masukin!

Level -2: sama sih, tapi supaya ke level -3, ya diganti lah.

Level -3: taukan cara melihat daleman suatu halaman web? You’ll find something in there!

Level -4: ingat dulu URL level ini, lalu kembali ke halaman utama matibeku.com. see? Petunjuknya terpampang sangat jelas di sana.

Level -5: sama seperti level -4. Bisa lah. :D

Level -6: level paling asik! Convert angka-angka itu sesuai kode yang dia minta. Pake kalkulator yang pasti ada di kompi anda, atau nggak, cari kalkulator online. Dapat suatu kata? Cari di om. Dapat angka-angka lagi? Cari tahu warna yang disimbolkan oleh angka2 itu. Jawabannya pake bahasa ibu ya.

Level -7: siapa dia? Bawa pulang, dia akan memberitahu anda siapa dia.

Level -8: perhatikan atas bawah juga. Melihat ada sesuatu yang kurang kan? Yang hilang adalah....

Level -9: cek daleman. Isi bintang-bintangnya, tapi kali ini bukan .html.. apa ya? Format dokumen paling kecil.

Level -10: cari aja di Om. Gampang kan

Level -11: cari itu quote siapa. Terus, pake yang seperti biasa lagi.

Level -12: ini juga tinggal memanfaatkan jasa Om atau Tante. Lihat judul, hubungkan sama petunjuk. Oh iya, pake bahasa ibu. :D

Level -13: lihat ada yang menyala? Matiin! Tinggal ganti aja. Asal jangan matiin kompi! Hehe

Hurray, STAGE 1 clear.. siap lanjut ke stage 2? Ayuk atuh kang. Tareek..

STAGE 2

Level -14: cari aja di Om, itu kata-kata dari game apa. Bukan game sih, kayak reality show gitu. Reality kesukaan si Wangsa kayaknya.

Level -15: masih ada hubungannya sama game di level sebelumnya. Cari aja, bakal dapet kok. Cukup mencolok tuh.

Level -16: tinggal pilih aja. Masukin salah satu. Udah kan? Baik banget nih level.

Level -17: haha. Asik banget nih level. Pertama, cari dulu lirik lagu yang potongan liriknya ada di judul. Ingat bait pertamanya. Terus cek daleman, sampe dalem banget. Buka satu persatu. Terus sesuaikan dengan bait pertama lagu yang tadi. Katanya nggak terlalu meaning, tapi, itulah jawabannya. Haha

Level -18: itu adalah sebuah urutan. Anda sudah mempelajarinya sejak SD. Masukin yang tanda tanya aja, tapi yang lengkap ya.

Level -19: cek daleman. Ada yang acak-acakan. Disusun, masukin deh. Bahasa gaul neh.

Level -20: back to jaman SD yang ada siaga, penggalang, penegak. Pake sandi yang sudah dicontohkan di judul. Cocokin sama kweh KWEHnya.

Level -21: cari di Om, itu kata-kata apaan. Cari theme songnya. Masukin. (Ow, ada persinggahan. Tinggal masukin aja dah.)

Level -22: masih ingat pelajaran Geografi? Silahkan cari tempat yang dilingkari itu. Simple kan? Oh iya, itu rute suatu reality show yang tadi.

Level -23: pake kalkulator itu lagi. Dan, jawaban level ini bukan berbentuk huruf.

Level -24: cari aja apa yang belum hadir. Sedikit clue tambahan, nulis kata keduanya gak usah lengkap-lengkap. Gw pernah kejebak disini gara-gara itu.

Level -25: ada ejaan yang salah. Cari. Haha. Kelamaan? Think smart dong. Pake yang biasa dipake kalo ngetik.

Level -26: cari di Om. Itu judul lagu, cari lagunya di album apa.

Hahaha, selesailah STAGE 2.. mau istrahat dulu? Atau lanjut? Lanjut gan!! Mau nonton video yang disediain dulu? Silahkan. Ada petunjuk penting loh.

STAGE 3

Level -27: lapis 1 => tinggal masuk pintu

lapis 2 => ganti aja apa yang ditunjuk supaya lanjut ke lapis 3

` lapis 3 => ada kata-kata tersembunyi di bagian atas. Kalo bukan notpron berarti? Masukkan jawabannya di lapis 1.

Level -28: cari aja dulu tempat terbasah dan terkering di dunia. Terus ikuti instruksi judul. Nanti anda akan menemukan satu tempat. Masukkan! (ada persinggahan lagi. Ya, kembali ke format biasa. :D )

Level -29: cari kata-kata itu di Om. Anda akan menemukan sebuah novel karya ibu Meyer. Liat daleman dan judul. Yak, silahkan cari. Oh iya, dalam bahasa gaul ya.

Level -30: ada penulisan yang beda dari biasanya. Penulisan seperti itu menandakan bahwa?

Level -31: baca secara cepat kata bercetak tebal sebelum ¥. Dapat suatu kata? Cari di Tante. Terus cari tempat sesuai yang di tunjukin di judul (ada penghubungnya). Masukin dengan penghubungnya juga ya.

Level -32: sumpah, gokil banget nih level. Donlot tuh suara. Serem suaranya? Balik dulu, biar gak serem. Pake software pembalik suara, terserah apa. Dapat kan angkanya? Hubungin sama hint di level sebelumnya. Cari dulu di Om pas udah dapat yang di maksud, cari di Tante. Agak berhubungan sama dunia matematika.

Level -33: cek daleman. Ada yang beda dari biasanya. Kalau anda cukup mengerti bahasa html dasar, pasti langsung dapat. Bagi orang awam, cukup teliti aja bisa dapat kok. Masukkan yang seharusnya di tempat masukin jawaban.

Level -34: cari dulu angka-angka yang dimaksud. Kembali ke level sesuai angka yang dimaksud. Dapat dua buah sesuatu, cari di Om. Tapi lebih enak di Tante sih. Dapat sebuah nama operasi. Masukin deh.

Level -35: iya, simple banget. Oh iya, negara rendah ini, negara yang bener-bener rendah. Bukan seperti arti ‘rendahan’.

Level -36: udah nonton video yang gw bilang tadi belum? Yang di gerbang masuk stage 3. Ada jawaban nampol banget tuh. Pause aja kalo perlu.

Level -37: download tuh musik, dengerin. Terus tebak siapa composernya. Lalu cari tahu siapa yang dimaksud di judul gabungin namanya, masukin. Simple. :D

Level -38: bawa pulang lagi gambarnya. Interogasi sampe sedetil-detilnya. Biasanya kalo ditunjuk, dia langsung membeberkan informasinya di bagian bawah. See the title? Langsung masukin.

Level -39: cari tahu tentang komik itu di Om. Buka web yang berkaitan, terus cari bagian yang sesuai dengan yang ditampilin di situ. Lihat tanggalnya. Ingat suatu kejadian? Hubungkan kejadian itu dengan judul level ini.

Taraaaaa!! STAGE 3 selesai. Haha.. :D

STAGE 4

Level -40: cari aja di Om, tapi digaulin dulu. Ntar jawabannya langsung muncul kok di halaman pertama. Cukup terkenal kok jawabannya. Brute force aja. :D

Level -41: cek daleman. Liat sesuatu yang familiar gak? Hubungin sama petunjuknya. Yang taratatatata itu gak usah terlalu dipikirin. Jawabannya tentang pemenang-pemenang gitu deh. (ada persinggahan? Langsung masukin aja. Tapi eliminasi satu huruf)

Level -42: yakin butuh clue? Selesaikan aja.

Level -43: lapis 1 => apa yang anda lihat? Masukin. Pake bahasa gaul.

lapis 2 => cek daleman. Gaulin angka-angka yang diapit kata petunjuk pertama, jangan lupa tanda pentingnya. Terus masukin ke address pake format kata petunjuk kedua. Ntar ada yang terdonlot. Gak bisa didengerin? Siapa yang suruh dengerin? Buka pake pengolah kata paling sederhana. Ada di semua komputer kok. Nemu kode aneh? Hubungin titlenya sama kode gak jelas itu. Convert! Dapat kalimat, cari deh. Ilmiah banget. Hehe. Cukup ribet deh.

Level -44: ada apa di situ? Nggak ada apa-apa? Ya udah, nggak ada.

Level -45: ehem. Mau kenalan? Hehe. Cek daleman gih, abis itu liat kata yang mendapat pengawalan khusus. Gaulin aja. Udah. Hehe. (Persinggahan: gak usah merhatiin teriakan gak jelas itu. Cek daleman, cari di Om itu kata-kata siapa.)

Level -46: cek daleman. Ada angka-angka berpola di situ. Untuk kalimat-kalimat itu, cari aja di Om. Berhubungan sama satu browser internet yang cukup terkenal. Gabungin penemu angka berurutan itu sama perusahaan browsernya.

Level -47: udah jelas kan kata yang ditonjolin? Gak bisa? Turutin kata pepatahnya dong.

Level -48: jelajahi petanya baik-baik. Gak usah terpaku sama jalur merahnya. Udah nemu negara yang dimaksud? Masukin pake bahasa ibu.

Level -49: cek daleman. Sedalam-dalamnya. Gak usah dalem banget sih. Hehe. Udah nemu yang dimaksud? Lihat posisi apa di sebelahnya apa. Gaulin, masukin, udah. :D

Level -50: level yang aneh. Gak usah dipahami apa percakapannya. Haha. Cek daleman aja. Perlakukan kata-kata itu seperti angka-angka disebelahnya. Gak usah dicari di Om. Tapi kalau mau cari juga, itu terserah anda. Haha

Level -51: berhubungan sama beladiri yang cukup terkenal dari China. (China atau Jepang ya?) whateverlah. Cari daftar-daftar jurusnya di tante. Ingin cepat selesai? Berarti jurusnya? Itu. Hehe.

Level -52: cari tahu dulu Kumon level 5A itu teknik apaan. Kalo udah, kerjakan di not balok itu. Gak usah minder kalo gak ngerti not balok. Gak ada hubungannya sama itu kok.

STAGE 4 selesai.. haha.. uyyeee..

Untuk clue STAGE 5, nyusul yaa.. soalnya gw juga masih berjuang di STAGE 5 ini.. haha

Sekian postingan clue matibeku.com part 1 ini.. :D

enjoy your frozen world here.. :D