Laman

Rabu, 27 April 2011

Pemanfaatan Media Sosial untuk Indonesia

(scenic) Media untuk interaksi sosial yang berbasiskan internet dan teknologi mobile yang membuat komunikasi menjadi lebih interaktif. Ya, itulah definisi Media Sosial atau Social Media yang saya kutip dari Wikipedia. Kenapa sampai untuk bersosialisasi saja sampai membutuhkan media? Yah, kita semua taulah, bahwa suntuk menjaga hubungan sosial dengan saudara, kerabat, teman, apalagi teman lama yang sudah terpisah jarak, butuh waktu dan materi yang tidak sedikit. Sehingga, para pemegang intelektual tinggi dalam bidang teknologi berbasis internet membuat media sosial agar bersosialisasi bisa menjadi lebih mudah, murah, dan cepat. 8-)

(aha) Media Sosial di Indonesia sendiri bukan sesuatu yang baru lagi. Hampir semua orang yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, pasti memiliki akun di satu media sosial, atau bahkan lebih dari satu media sosial. Sebut saja Facebook dan Twitter. Saya rasa dua kata itu bukan hal yang asing lagi di telinga para pembaca sekalian, sehingga saya tidak perlu panjang lebar menjelaskannya. (evilsmirk)

(thinking) Terus, apakah pemanfaatan media sosial di Indonesia sudah berjalan sebagaimana mestinya? Jika, kita melihat berdasarkan hakikat dasar media sosial yaitu berinteraksi, maka menurut saya, media sosial yang ada telah digunakan sebagaimana mestinya. Namun, apakah media pemanfaatannya cukup sampai di situ saja? Sayang sekali, kalau media sosial hanya digunakan untuk berinteraksi saja. Banyak sekali hal-hal positif, khususnya untuk bangsa Indonesia, yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan media sosial yang saat ini jumlahnya sudah sangat banyak dan hampir tidak bisa lepas dari kehidupan para penggunanya daripada hanya sekadar “Say Hello!” di media sosial.


(hassle) Mari kita lihat beberapa contoh pemanfaatan media sosial di dunia dan di Indonesia. Masih ingat salah satu metode kampanye presiden Barack Obama? Ya, Facebook! Barack Obama membuat fan page di Facebook, lalu berhasil menarik simpati dan menggaet pendukung dari dunia maya, serta menciptakan pencitraan yang kuat akan sang calon presiden berkulit hitam. Tak ayal, Obama pun menang pemilihan umum presiden Amerika Serikat pada tahun 2008 dan dilantik pada tahun 2009. (applause)
Fan Page Barack Obama

Contoh lain, mari kita lihat pemanfaatan media sosial dalam negeri. Masih ingat kasus penembakan laser ke mata kiper TimNas Indonesia pada saat final piala AFF oleh supporter TimNas Malaysia? Supporter Indonesia yang marah dan tidak terima, melampiaskan perasaan mereka melalui salah satu jejaring sosial, yaitu Twitter. Dalam hal ini, media sosial dapat dimanfaatkan untuk menghimpun dukungan kepada TimNas Indonesia oleh supporternya. Terbukti pada saat itu #loveindonesia, HATE MALAYSIA, dan beberapa keyword terkait kasus laser tersebut menjadi Trending Topic (hal yang sedang hangat dibicarakan) di media sosial Twitter. Hal ini juga akan mempromosikan Indonesia karena bisa masuk dalam Top Trending Topics yang dilihat dari seluruh pengguna Twitter di seluruh dunia.
Markus dilaser
Trending Topic Twitter tentang Piala AFF dari Indonesia

8-) Dua contoh di atas merupakan beberapa dari banyak pemanfaataan media sosial di dunia dan di Indonesia. Lalu, kalau saya mau memanfaatkannya untuk Indonesia, apa yang harus saya lakukan? Fitur-fitur yang tersedia di masing-masing media sosial sebenarnya berperan besar dalam hal pemanfaatan media sosial. Tanpa fitur-fitur tersebut, media sosial tak lebih dari sekadar media interaksi. Beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan antara lain sebagai berikut.

Facebook Group & Fanpage
Seperit yang telah dimanfaatkan oleh Barack Obama di atas, Fitur yang satu ini cukup sering dimanfaatkan oleh banyak pihak dalam hal mempromosikan apa yang mereka ingin promosikan. Pun, banyak yang mempromosikan tentang Indonesia dan kampanye-kampanye terkait kegiatan-kegiatan yang berguna bagi Indonesia, sehingga pengguna Facebook pun bisa mengetahui informasi yang ada dan ikut berpartisipasi. Salah satu contoh yaitu Fan Page Visit Indonesia yang aktif mempromosikan keindahan alam dan budaya Indonesia sehingga menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia.
Fan Page Visit Indonesia

Selain Visit Indonesia, ada pula WWF - Indonesia, yaitu organisasi yang aktif dan peduli tentang isu-isu lingkungan dan alam. WWF - Indonesia selalu memberika informasi kegiatan yang mereka lakukan atau pun pihak lain lakukan terkait lingkungan dan menghimpun partisipasi melalui Facebook.
Fan Page WWF Indonesia

Twitter Account
Situs jejaring sosial yang satu ini memang sarat akan info-info terbaru dan terupdate sekalipun, mengalahkan situs-situs berita yang ada. Hal ini dimanfaatkan oleh pihak yang berinisiatif membuat akun yang berisi informasi-informasi positif tentang Indonesia. sebut saja akun Indonesia Berprestasi (@greatindonesia) yang selalu memberikan informasi-informasi terbaru mengenai prestasi anak negeri di dalam atau pun di luar Indonesia.
Akun Indonesia Berprestasi
Ingin mempelajari tentang sejarah Republik Indonesia? Akun Sejarah Indonesia (@SejarahRI) bersedia memberikan informasi-informasi tentang itu. Dengan memanfaatkan jejaring sosial ini, admin Sejarah Indonesia berbagi informasi tentang sejarah sehingga pengguna twitter lebih banyak tahu tentang sejarah negeri kita ini.
Akun Sejarah Indonesia

(worship) Wah, ternyata media sosial bisa dimanfaatkan seperti itu ya? Tentu! Dan masih banyak hal lain, selain contoh di atas, yang dapat kita lakukan. Sembari bersosialisasi, kita bisa melakukan hal yang berguna di balik layar komputer atau gadget kita. Jadi, mari kita manfaatkan media sosial yang ada semaksimal mungkin untuk bangsa kita tercinta. Ah, dalam hal yang positif tentunya. (code)



Abdul Malik Syadri,
Akuntansi 2008
(jazzhands)